KOLEKSI SEJARAH PERJUANGAN INDONESIA AWAL ABAD KEDUA PULUH (INTRO)

Koleksi Sejarah Indonesia

Awal Abad ke Dua Puluh

Bagian Pertama

Oleh

Dr Iwan suwandy,MHA

Edisi Terbatasaa Buku Elektronuik Dalam CDS-Rom

Khusus Untuk Kolektor Senior Indonesia

Hak Cipta @ Dr Iwan 2014

 

KATA PENGANTAR

Saya baru saja menemukan kembali sebuah buku yang sangat bagus dan informative tentang perjuangan Rakyat Indonesia pada awal abad kedua puluh untuk membangun Republik Indonesia Yang Merdeka.

Buku ini karangan  Robert van Niel berjudul Munculnya Elit Moderen Indonesia yang diterjemahkan Ny Zahara Deliar Noer disunting oleh Bur Rasuanto terbitan Yayasan Ilmu-Ilmu Sosial 1961, ini kopi aslinya dealam bentukan ketikan, ternyata buku ini telah diterbitkan pada tahun

lihat promosi buku ini

 

Munculnya Elit Modern Indonesia memaparkan dan membahas pertumbuhan Indonesia pada masa dua puluh lima tahun pertama abad ini, baik masyarakatnya, akselerasi perubahan sosial, politik dan pembaharuannya, serta makin mantapnya peranan kaum pergerakan menuju cita-cita kemerdekaan. Pengarangnya menafsirkan, bahwa perubahan pola-pola kepemimpinan di dalam masyarakat pada perempat pertama abad ini membentuk dasar sosial bagi kemerdekaan politik pada tahun-tahun kemudiannya.

… garis besar perkembangan elit Indonesia adalah dari yang bersifat tradisional yang berorientasi kosmologis, dan berdasarkan keturunan kepada elit modern yang berorientasi kepada negara kemakmuran, berdasarkan pendidikan,” kata pengarangnya lebih lanjut, yang niscaya merupakan bahan pemikiran dan tantangan bagi masyarakat ilmiah kita untuk memberikan perbandingan, uraian, dan kesimpulan lebih lanjut.

 

Buku tidak tersediasumberhttp://www.bookoopedia.com/id/book/id-37-58257/sejarah-budaya/munculnya-elit-modern-indonesia.html

MUNCULNYA ELITE MODERN INDONESIA

No. Kode : AB-511
PENULIS : ROBERT VAN NIEL
Judul Asli : The Emergence of The Modern Indonesian Elite
Penerjemah : Zahara Deliar Noer
Penerbit : Pustaka Jaya, Jakarta
Cetakan : Kedua, Pebruari 2009
Halaman : 368
Ukuran : 14 x 21 cm
Berat : 400 gram
Sampul : Soft Cover
Kertas : HVS
Kondisi : Buku Bekas, Bagus/Tersampul
Stok : HABIS/SOLD OUT

 

Buku ini karangan  Robert van Niel berjudul Munculnya Elit Moderen Indonesia yang diterjemahkan Ny Zahara Deliar Noer disunting oleh Bur Rasuanto terbitan Yayasan Ilmu-Ilmu Sosial 1961, ini kopi aslinya dealam bentuk ketikan,  mungkin atas berbagai alasan Politik dan situasi yang terjadi di Indonesia

 Baru setelah lima puluh tahun yaitu  pada tahun 2008  buku ini diterbitkan dalam bahasa Indonesia . yaitu  pada era Reformasi dimana kebebasan pers dan komunikasi serta penerbitan buku telah ada.

Untuk itu kita pantas mengucapkan ribuan terima kasih kepada para pemimpin-pemimpin dan para pahlawan kita atas jasanya mereka telah mengantar kita kepada masyarakat Indonesia yang elit,modern dan lebih sejahtera.

Buku tersebut diatas terdiri dari Empat Bab:

 Bab pertama membahas mengenai situasi orang Oropa , Orang Tionghoa dan Arab serta Orang Indonesia pada kurun waktu 1900-1927.

 Bab Kedua membahas perubahan yang terjadi pada tahun 1900-1914  yang membahas tentang Politik Etis Kolonial dalam teori dan praktek, Perubahan sosial di Indonesia dan perubahan serta akibat-akibatnya.

Bab  Ketiga membahas akselerasi yang meraja lela dan pertumbuhan yang mantap  pada tahun 1914-1920 meliputi situasi perang dunia pertama dan pertumbuhan Sarekat Islam  , Organisasi-orgnissi Indonesia yang lain , dan kebijaksanaan politik dan pemerintah Hindia Belanda.

Bab keempat   membahas sinkretisme dan konservatisme tahun 1920-1927, me,liputi situasi sikap Pemerintah Hindia belanda yang berubah, perubahan dan perkiembangan di Indonesia , serta kebijakan politik baru Kolonial.

Untuk melengkapi informasi situasi Indonesia menjelang perang dunia kedua ,

 

 

 

Buku  Dibawah Bendera Revolusi

 

koleksi dr Iwan

Sebaiknya generasi Penrus juga membaca buku sejarah Indoensia secara kronologi mulai dari sebelum masehi sampai abad ke Sembilan belas , agar memahami apa yang terjadi dan siapa leluhur kita baik yang berjasa maupun yang tida agar diketahui mana yang benar dan mana yang salah agar dapat dijadikan pedoman dalam menyussun strategi untuk menghadapi masa yang akan datang.

Setelah membaca buku ini tentunya  pembaca akan penasaran untuk mengetahui apa yang terjadi selanjutnya, untuk itu saya telah menulis buku elektronik dalam CD-Rom mengenai Koleksi Sejarah pendudukan jepang Di inondeisa 1942-1945,

KOLEKSI SEJARAH INDONESIA

1945

 

 

OLEH

Dr Iwan Suwandy , MHA

EDISI PRIBADI TERBATAS

KHUSUS UNTUK KOLEKTOR  DAN HISTORIAN SENIOR

Copyright @ 2013

 

Koleksi Sejarah Revolusi dan Perang Kemerdekaan Indonesia 1945-1950, selanjutnya Koleksi sejarah Era Bung Karno 1951-1965 yang meliputi era sebelum  PRRI 1951-1957, Masa PRRI  1958-1960, Setelah PRRI 1960-1967, kemudian dilanjuti dengan Koleksi sejarah era Pak Harto 1965-1998 , Koleksi sejarah Era Reformasi 1998-2010.

Koleksi sejarah ini sangat penting untuk dibaca oleh Generasi Penerus, tetapi  illustrasinya sangat sedikit  sehingga tidak akan dibaca oleh generasi penerus,oleh karena itu saya menambahkan ilustrasi  dan  koleksi yang terkait seperti Koleksi sejarah pos,koin,uang kertas,foto,dokumen dan sebagainya sehingga menjadi suatu  buku yang menarik.

Saya telah menyusun strategi menghadapi masa depan Keluarga saya pada tahun 1985 dan dilengkapi pada tahun 1990 saat saya telah menyelesaikan Pendidikan S 2 Magister Administrasi Rumah Sakit yang mana saya adalah mahasiswa pertama lulus dengan gelar yang masih mengunakan gelar MHA ( Master Of Hospital Administration) di Universitas Esa Unggul  ( saat itu msih bernama IEU-Isntitute Management Indonesian –european) milik Prof DR Kemala Montik Abdul Gafur , yang bekerja sama dengan bebrapa dosen dari Universitas Gajahmada almarhum Prof DR Makmuri SpPsi,Phd , Fakultas kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Prof DR  Amal Sjaaf MPH  beserta kawan-kawan , dan  Universitas Euro ( Europiean University) Belgia.

Ternyata  strategi yang saya susun telah memberikan hasil yang luar biasa seluruh keluarga saya telah jadi sarjana, termasuk isteri saya Lily Widjaja , AMdPK, SKM,MM dan kedua nak saya telah menamatkan pendidikan di ITB Bandung dan Fakultas Tehnik Mesin UGM Jogya, seluruhnya memiliki pekerjaan yang  lumayan setingkat konsultan dan General Manejer. Selanjutnya juga para cucu saya ada tiga orang dua wanita dan satu pria yang sudah direncanakan pendidikan mereka dimasa depan.

Banyak sudah informasi yang temui dari membaca buku sejarah revolusi Kemerdekaan Amerika serikat yang bukunya juga sedang saya garap , begitu juga ramalan-ramalan lain yang saya lihat di televisi , acara History HD, juga buku  sejarah Minangkabau yang saya jadikan pedoman hidup saya, yang terkenal dengan istilah Alam terkembang jadi guru, dan saya memiliki moto

Alam terkembang Jadi Guru , belajarlah dari sejarah, jangan diulang hal-hal yang jelek dan hal yang baik dijadikan pedoman dalam menyusun strategi masa depan.

Selanjutnya dan merupakan buku terakhir saya adalah Ramalan Situasi Indonesia Di masa mendatang dngan Judul Ramalan Dr Iwan Tentang

“Munculnya Banteng Indonesia Di Akhir Abad  Kedua Puluh Satu.”

Buku Ramalan tersebut  bukan meniru Ramalan –ramalan sebelumnya seperti Ramalan Joyoboyo, walaupun buku tersebut dijadikan referensi, tetapi merupakan murni pemikiran saya yang diilhamkan oleh yang Mahakuaa melalui Perawan Maria yang bayak membantu saya ,dan selalu berhasil setelah membaca doa salam Maria sebanyak tiga kali , yang tetap saya ulangi saat mau tidur sehingga tidurnya nyenyak, dan mimpi tentang mas alu dan apa yang akan terjadi dimaa mendatang , mungkin setlah mengunjungi Lourdes di Prancis bukan Juli tahun 2015 yang  akan datang.

 

Saya dan orang tua  Djohan  dan Anna ,  di kota  Bukittinggi depan  Benteng Fort de kock tahun 1955 , Benteng ini masih  ada  sisanya sampai  saat ini

dilantik jadi doketr di FK Unand Padang 1972, setelah praktek kerja di FK UI krena unand tak lengkap

Dr Iwan tahun 1974 saat pernikahan

 

 

LilY Widjaja

Mungkin dulunya isteri saya mengatakan saya hanya bermimpi saja, ternyata sebagian impian saya sudah tercapai seperti pindah dari kota kelahiran saya, beli rumah di Jakarta dengan menjual koleksi barang antik  khsusnya prangko,

 

Dr Iwan dirumah kelapa gading yang dijadikan home office dan museum pribadi

karena takut gempa akan merusak rumah dan membahayakan hidup kami sekeluarga, sekolah S 2 di Jakarta,

Dr Iwan dilantik S2 di Esa  Unggul Jakarta ( saat itu  masih  IEU) tahun 1990

mencapai pangkat kolonel di Mabes Polri 1996

pililah sekolah yang bermutu seperti putra saya sekolah di SMA Kanissius Jakarta dan SMA Don Bosco II Jakarta.

Ramalan tahun 2000 profesi yang terkait transportasi dan pertambangan akan menjadi profesi yang menjanjikan, dan profesi kedokteran akan mendapatkan banyak saingan serta akan banyak tuntutan ketidak pusan pasien alias malpraktek,

 

 

 

Rumah saya  yang telah dijual dijadikan Hotel  Ambacang ambruk saat gempa tahun 2008

Gempa di Padang , Kesibukan saat peniun.

 selanjutnya mereka diterima di ITB dan UGM malah salah satu mendapatkan berkah masuk tanpa ujian yang dikenal sebagai PBUD (pemilihan Bibit Utusan darah) dan sekarang bererja di Pertamina dan Toyota astra Motor Marketing. Semuanya itu berkat jasa para guru saya,bimbingan orang tua saya ,anak seorang pedagang  dan pemilik kebun kelapa, sekolah MULO, pemilik bioskop dan percetakan di Sumatera Barat.

 

anton jimmy suwandy sebelah kiri

Saya dan keluarga telah berhasil meningkatkan status keluarga kami , demikian jugalah saya harapkan dengan para cucu dan penerus yang akan datang.

 

Albert Suwandy

Menyususn buku ini sangat membutuhkan tenaga dan konsentrasi yang sangat besar4, apalagi saya sudah tua berumur 70 tahun dan mulai sakit-sakitan,tetapi demi untuk mengenang situasi dan jasa para pahlawan tempo dulu yang banyak tidak diketahui dan belum diberi gelar ,saya beruaha mati-matian menulis buku ini.

Saya bukan ahli sejarah, tetapi waktu sekolah sudah berminat dan senang dengan sejarah, begitu juga koleksi benda-benda bersejarah.

Saja harap semua orang yang nfonya tercantum dalam buku ini berkenan memberikan izin kepada saya untuk memanfaatkan infonya ,untuk itu aya ucapakan terima kasih. Mohon maaf juga karena saya tidak dapat menuliskan nama satu persatu dari oarng-orang yang telah berjasa dan telah membantu saya dalam menyususn buku serta menolong saya dalm menjalani hidup didunia ini, untuk itu saya ucapak ribuan terima kasih, erta saya panjatkan doa kepad Yang Mahakuasa agar merka memperoleh imbalan setimpal dengan  pahala yang telah mereka kepada kami sekeluarga dan kepada seluruh umat manusia khususnya masyarakat indoensia yang saya cintai sepenuh hati.

Buku ini saya tulis untuk keljuarga saya,isteri Lily Widjaja,putra Albert dan Anton serta isteri dan anaknya,serta cucu saya tercinta Cessa,Celine dan Antoni .

Saya harap para pembaca berkenan menghormati hak cipta saya dengan tidak merepro buku ini dengan berbagai cara dan teknologi tanpa meminta izin dari saya sebagai pemengang hak cipta.

Jakarta , Pebuari  2015

Dr Iwan Suwandy,MHA

 

PENDAHU;LUAN

 BUKU

MUNCULNYA ELIT MODERN INDONESIA

OLEH

Robert van Niel

Troy,New York

Okober 1958

Terjemahan

Ny. Zahara Deliar Noer

Disunting

Bur Rusuanto

Yayasan Ilmu-Ilmu Sosial

1981

(Robert,58)

 

PENDAHULUAN

Dua puluh lima tahun pertama pada abad keduapuluh kita menyksikan suatu pertumbuhan  dan perkembangan di Indonesia, yang saat itu dinamakan Hindia belanda, yang tidak dapat diduga sebelumnya.

Tidak seluruh segi pertumbuhan itu akan dibahas dalam buku ini.Yang menjadi tekanan disini adalah mengenai perubahan sosiakl dalam kurun waktu tersebut ditas, khususnya perubahan social yang terjadi dikalangan krlompok pemimpin dalam masyarakat Indonesia.

Masyrakat Indonesia pada kurun waktu tersebut merupakan suatu bagian dari apa yang saya sebutkan masyarakat Hindia Timur, kedalam masyarakat ini termasuklah semua orang yang tinggal di Kepulauan Indonesia , disampin orang Indonesia yang jumlahnya terbanyak ,juga orang-orang Eropa (kebanyakan Belanda), cina dan Arab.

Oleh karena Indonesia telah memeperoleh Kemerdekaan Politik pada tahun 1949, dan mendirikan suatu Negara <erdeka, studi inipun akan dipusatkan pada perkembangan social dan politik mereka.

Selama tahun-tahun yang dicakup oleh studi ini, pemimpin-pemimpin Masyarakat Hindia Timur, sebab penduduk Indonesia merupakan orang bawahan dalam linkungan jajahan bangsa belanda.

Dengan demikian,perkembangan Masyarakat Indonesia terjadi didalam konteks dikuasai Kolonial, dan sangat dipengaruhi oleh Kebijakan Kolonial, tindak –tanduk dan sikap Belanda.

Buku ini merupakan suatu usaha untuk menganalisa dan menafsirkan Kebijakan politik,tidak-tanduk  dan sikap ini  dan juga untukmenunjukan akibat-akibatnya pada masyarakat Indonesia.,disamping sekaligus akan menganalisa dan member tafsiran tentang dinamika Masyarakat Indonesia dengan tekanan khusus pada golongan Elit masyarakat itu.

Bila kita adakan tinjauan melampaui batas jangkauan buku ini ke masa sekarang, bukanlah tidak patut untuk mengatakan, bahwa perubahan pola-pola Kepemimimpinan didalam msyarakat Indonesia pada perempat abad ini membentuk dasar social bagi Kemerdekaan Politik beberapa tahun kemudian.

Dalam batas-batas jangkauan studi inipula dapat dikatakan, bahwa garis besar perkembangan elit Indonesia adalah dari yang bersifat traditional yang berorientasi kosmologuis, dan berdasarkan keturunan  kepada elit modern yang berorientasi kepada Negara Kemakmuran, berdasarkan Pendidikan,

Elit modern ini jauh ,lenih beranekaragam dari elit traditional, tetapi disini sedikit saja usaha dilakukan untuk menguraikan elit modern ini secara structural.

Ada disebutkan tentantang administrator-administrator ,pegawai-pegawai pemerintah, tehnisi-tehnisi, orang-orang professional dan para intelektual ,tetapi pada akhirnya perbedaan utama yang dibuat di sini ialah antara elit fungsional dan elit politik.

Yang dimaksud dengan elit fungsional adalah pemimpin-pemimpin ,yang baik pada masa yang lalu maupun masa sekarang , mengabadikan diri untuk kelangsungan berfungsinya suatu Negara dan Masyarakat yang modern,sedangkan elit politik adalah orang-orang Indonesia yang tyerlibat di dalam aktivitas politik untuk berbagai tujuan tapi  yang biasanya bertalian dengan sekedar perubahan politik .

Didalam masa yang dicakup dalam buku ini , kelompok pertamaberlainan dengan yang biasa ditafsirkan, menjalankan fungsi sosialyang lebih besar dengan bertindak sebagai perubahan –perubahan, sedangkan golongan kedua lebih mempunyai arti simbolis daripada praktis. Mungkin saja ungkapan “Elit Indonesia” agak mengelirukan.

Berbicara secara teknis ada suatu kesatuan yang dikenal sebagai Indonesia, baik dalam pergerakan politis maupun pengertian social tahyn=tahun yang dibicarakan dalam studi ini.Tidak pula seluruh Hindia Timur atau Kepulauan Indonesia sama pentingnya di dalam pengembangan yang dijajaki oleh studi ini.

Menurut kenyataan, pulau Jawa, dengan tetangganya Madura ,yang selanjutnya setara bersama=sama disebut “Jawa”, tidak dapat disangkal lagi merupakan titik pusat kegiiatan Hindia Timur. Jawa bukan saja sebvagai pusat politik , administrasi dan  ekonomi untukHindia Belanda, tetapi untuk pulau-pulau Indonesia ini ia juga suatu pusat penduduk  dengan kurang lebih 70 % dari jumlah seluruhnya.

Bagian terbesar pendudk pulau Jawa adalah suku Jawa yang sebagian besar berdiam di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pada tahun 1900Jawa berjumlah kurang lebih tujugbelas juta.Tetapi di pulau Jawa terdapat juga kelompok suku yang lain yang yang besar yaitu suku Sunda di Jawa Barat  yang berjumlah kira-kira tujuh juta pada permulaan abad  ini dan suku Madura di Madsura dan Jawa timur yang jumlahnya sekitar tiga juta.

Di samping itu dari kelompok-kelompok besar ini , terdapat orang-orang Indonesia lainnya yang berasal dari kepulauan-kepulauan lain di Nusantara ini. Akibatnyaistilah “Elit Indoesia’ ini ditujukan pada kelompok Elit yang berpusat di Jawa yang terdiri dari berfbagai suku Indonesia tetapi yang unsure pokoknya adalah Jawa,  studi ini tidaklah mencoba untuk membicarakan perkembangan Masyarakat di Bagian lain Kepulauan Indonesia dalam masa yang diperhatikan oleh tulian ini, baik dalam persaan maupun pertentangannya.

(Dr Iwan mencoba menambah beberapa info penting dari beberapa daerah di Indonesia seperti Aceh,sumatera Barat,Sumatera Selatan,Makasar,Bali dan Ambon serta Papua yang erat juga hubungannya dengan peristiwa-peristiwa yang bersejarah di Indonesia pada awal abad kedua puluh ini,mungkin penulis kurang memahami peranan mereka dlam memperjuangkan kemerdekaan Indoneia)

Jawa, dengan perkembangan-perkembangan yang telah terjadi  dalam Masyarakatnya, amat penting dalam Kebangkitan Masyarakat Indonesia dan akan menjadi titik perhatian utama dalam studi ini

(Saat ini di Indonesia dinamakan Kebangkita Nasional, yang dirayakan sebagai Hsri Kebangkitan Nasional atau HARKITNAS 28 Oktober 1928 ,hari su,mpah Pemuda,Dr Iwan)

Studi ini pertama-tama diuraikan secara kronologis dan kedu menurut masalah. Bab Pertama, mengambarkan dasar-dasar kehidupan Hindia Timur di tahun 1900,. Dengan Bagian ini sebagai Batu Landasan. Tiga bab berikutnya menguraikan perkembangan sesuai dengan perjalanan waktu ke tahun 1914, ke tahun 1926 dan akhirnya sampai sekitar tahun 1927.

Pemnguraian dan Penafsiran  pokok dilakukan dan dikembangkan dalam seluruh penelitian sedemikian rupa , sehingga kesimpulan seolah-olah tidak diperlukan lagi. Setiap nab dibagi-bagi dalam beberapa Sub-Judul , seperti akan segera jelas kelihatan, secara samar-samar  saja bersifat deskritif , serta  yang tidak pula  dimaksudkan untuk menjadi Judul yang meneragkan isinya.

Indeks pada Penutupbuku dirasaperlu sebagai  panduan pasti dalam memperoleh utir-butir keterangan yang tersebar  dibuku ini

 

(Dr Iwan membagi info ini atas tiga bab pertama era sebelum sumpah pemuda 19000-1927, Bab Kedua Era anatara Sumpah Pemuda dan menjelang Perang Dunia kedua 1928-1938,dan terakhir  Bab Ketiga 1939-1941.

Sayang buku ini tidak ada ilustrasinya,sehingga bukti sejarah yang nyata tidak kelihatan, dan kurang disenangi oleh generasi masa kini,

Dr Iwan berusaha menampilkan ilustrasi yang menaraik terkait ,yang ia namakan “koleksi sejarah” atau dalam bahasa Inggris “Histoiy Collections” dari berbagai Aspek Kehidupan politik, dan Sosial.

sri oetari isteri Bung Karno pertama

uang hindia belanda seri wayang

Agar tidak membosankan kata Pengantar,Indeks dan Referensi tidak dicantumkan,jika ingin membacanya silahkan membaca buku aslinya yang merupakan koleksi pribadi dr Iwan,memang kelihatannya kurang menghargai dan menghormati hak cipat dari informasi,tetapi untuk menghemat biaya terpaka tidak dilampirkan,mohon maaf kepafa yang bersangkutan.Dr Iwan)

 

Kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dalam penyelesian studi ini penulis ingin menyampaikan rasa syukur dan terima kasih yang sedslam-dalamnya

Troy,New York

R.v.H

October 1958

(Robert,58)

Komentar dr Iwan,

Tidak terasa buku ini sudah hamper lima puluh enam tahun yang lalu, dan sudah hamper dua puluh empat tahun yang lalu saya jumpai di lapak samping percetakan Negara ,Jalan Salemba tengah ,Jakarta Pusat. Cukup lama buku ini saya simpan,karena sibuk menyiapkan buku Koleksi Sejarah Kemerdekaan 9indonesia dan pendudukan Jepang di Indonesia,serta Indonesia sejak sebelum Masehi sampai 1967.

Semoga Buku ini berguna bagi generasi penerus  pada umumnya dan koielktor informaasi sejara serta pada sejarahwan Indonesia demiuntuk meluruskan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia,serta pemalsuan-pemalsuan informasi untuk kepentingan Politis, maupun kepentingan pedagang dalam memalsukan informasi yang dilakukan untuk mengeruk kepentingan pribadi mereka,dan membaca ini Dr iwan menghimbau belilah buku elektronik dalam CD-Rom ini,baca dengan saksama agar anda tidak ketipu dengan info palsu tersebut,

 

Bagi yang ingin memilikinya silahkan memesahnya kepad Dr iwan lwat email iwansuwandy@gmail.com, dengan syarat mengupload kopi KTP dan riwwat hidup singkat, ini tidak untuk pedanag, hanya untuk kolektor,setelah mentransfer uang Tiga juta rupiah untuk tiga CD-Rom harpa bukti setoran di transfer,dan memberikan alamat lengkap dengan nomor tilpon agar daspat tiba dirumahnya dengan selamat liwat Titipan Kilat.

Buku ini sudah diterbitkan cetakan kedua tahun 2009,ternyata sudah habis stoknya,memang perlu dibaca.

Terima kasih atas pewrhatiannya

Jakarta,Desember 2014

Dr Iwan Suwandy,MHA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s