GUYONAN ALA CINA PADANG

TERTAWA ALA CINA PADANG

Disunting Berdasarkan

Pengalaman Selama Empat Puluh lima Tahun Lahir Dan Brerdomisili Di kota Padang

Oleh

Dr Iwan Suwandy,MHA

Kombespol(Purn)

Konsultan Informasi

Hak Cipta @ 2015

THIS SPACE IS AVAILABE FOR  FOR ADVERTIZING

PLEASE CONTACT

iwansuwandy@gmail .com

PENDAHULUAN

Sebagai rasa syukur atas mulainya situasi Indonesia mulai membaik kondisi moneternya, kelihatannya kuurs mulai menguat. Setlah satu mnggu sibuk mendengar Televisi untuk mnegikuti perkembangan Moneter duia dan Indonesia , dan seikit-sedikit berspekulasi, ternyata benar perkiraan dan strategi para Menteri baru Kabinet Kerja Jokowi, Indonesia tidak mengalami Krisis Moneter, kuurs rupiah sudah menguat dan paling tinggi di Asia.

Untuk keberhasilan ini saya buatkan suatu artikel agar dibaca oleh para pekabat-pejabt tersebut dan tentunya untuk seluruh Orang Cina asla kota Padang karena ini menyangkut suatu bagian dari Bahsa local yang sekarang sudah jarang kedengaran dan ini dapat dijadikan untuk promsi tourisme agar mulai banyk lagi yang melihat tanah pusako urang Minag khususnya area Cina Padang ,dengar dan simak baik-baik

Inlah Bahasa Cina Padang, jika terawa jngan terbahak-bahak , cukup senyum saja.

Semoga Para Pejabat dan seluruh umat yang bersal dari Tanah Pusaka Urang Awak kata orang Padang Orang Tionghoa Padang, tetapi tetap slelau dikatakan Cina Padang, hal ini ini juga ama kalau buat orang berasal dari Sumatera Selatan baik Palembang sampai Jambi dikata Urang Kito Galo.

Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan ini hanya suatu guyonan semata.

Jkarta Agustus 2015

Dr Iwan suwandy,MHA

ARTIKEL SINGKAT

TERTAWA ALA CINA PADANG

Orang Cina Padang mengaku sebagai putra dan putrid Minagkabau karena sejak dahulu kala sudah pandai berbahas aa Minangkabau, pergaulannya cukup rapat tetapi yang Nikah campuran masih Jarang.

Cina Padang punya bahaso(bahasa) tersendiri, sperti mislalnya Ibu saya, wajahnya mirip uindo , Ibunya dari Pulau Nias karena kakeknya dari Cina merantau ke Filipina ,kemudian imigrasi ke Padang kawin cdengan orang NIas dan kemudian ibunya meninggal ,ayahnya jadi islam karena menikah dengan Orang Minag Asli disanakan bu saya dibesarkan, sehingga ia punya dialek sendiri, seperti kalau terkejut ia (nenek atau Mak) kata Hasita, sampai saat ini saya kurang jelas dari mana asalnya,karena ia tinggal didepan lapangan Sepak Bola kami beri nama Mak Tanah Lapang, sedangkan Mak yang lain dari Pihak Ayah berasal dari Payahkumbuh yang terkenal deng istilah Kota Gelamai(sejenis makan), Ia diberi nama Mak Belantung karena begitu nama temapt ia tingga di Padang karena rumahnya di Payakubum Tabaka(terbakar) saat revolusi Kemerdeakan RI, tapi orang lain family lain sebut Ia IPO POPOK ( Ipo itu saudar seblah nenek ,pihak ibu) , setahu saya POPOK itu istilah yang keluar kalu orang terkejut ,tetapi Mak Belantung tidak seprti itu, mungkin karena mungkanya bulat dan moleg, POPOK itukan arti alat untuk menampung kencil anak-anak atau orang tua,

istilah POPOK yang benar saya dengar endiri dari Encim tetanggah rumah sebelah yang dikatakan ENCIM SEBELAH, kapan ia di Belah? Ia kalau terkecil sebut POPOK POPOK sampai berulang kali, sehingga ia disebut Encim POPOK< setahu saya itu disebut orang latah.

Kalu kenyak dikata LA LAPE SALRO, sampai ada restaurant pakai anama ini, kalau makan Mertabbak,pesan hati-hati karena matabak ada dua maca, dulu dipesan mertabak Mesir lima bungkus masing-masing, eh ternyaata dibeli Mertabak bangka sebesar kuali, begitu juga dengan Lemang yang besar serta juga ketupat kalau besar disebut KETUPAT BENGKULU, tetapi cina padang bilang ini TINJU.

Saya masih ingat saat kak saya dengfan seorang cina dari Semarang, ia terkejut sat dengar Ibu saya berteriak ONDEG MADE ( Ala Mak atau Oh My God) , sehingga jika ketemu ia selalu sebut ONDE MANDE, bukan ONDE_ONDE.

IBU saya yang saya seut Mama, sedang Ibu saya sebut ibunya NYAK, sedangkan ayah saya yang saysebut PAPA menyebut ibu NE, dari mana datangnya bahasa itu tak tahulah, ii perlu diteliti dan di Lestarikan.

Suatu hari saya ajak Ibu beserta isteri saya nonton biskop Nama SINEMA , yang sekarn jadi bioskop Karya milik keluarga isteri aya yang isterinya adik sepupu, Papa kurang suka mama pergi sendiri, karena memberotan gua NDAK BOLE PIGI PIGI NANTI BISA GILA, akhirnya diizinkan, sangking gembira waktu mau masuk bioskop didepannya ada selokan kecil lagi diperbaiki, ia taka was,terperosok sehingga luka edikit kakinya, ia bertaka ONDE MANE TEPURUK KAKI GUA, dan jadi lebih asik lagi saat film tersebut ,saya masih ingat Film JOJOJ pelawak almarhum, dia jalan kesndung Ember Plastik, tiba-tiba IBU saya berteriak keras-keras sampai sleuruh pengunjung Boskop tertawa katanya “ONDE MANDE KAKI KUA” rupanya kakinya diinjak penoton lain yag baru masuk lagi gelap, ke,mudian tiba-tiba film putus dan tak ada gambarnya , Ibu saya teraik lagi, ONDE MADE BAA GAMBANYO HILANG, kapan gambar hilang ???!!! yang ada film putus, begitu juga waktu ia jatuh terperosok karena lihat bungga yang bagus,mundur-mundur,terbantung kebelakang untuk selamat, hanya tangannya yang patah dan dapat pulih lagi, waktu dibaw a rontgen,terpaksa saya gendong, dan saya mau dibaringkan rupanya kakiinya juga terkiril ,ia berteriak OBDE MADE KAKI GUA SAKIK.(kaki Saya sakit0.

Pernah suatuhari waktu saya parker mobil, kesenggol sdikit mobil sbelah, seorang pria kemudian berteria KAMU TARBAK MOBIL SAYA, saya jawab SAYA TIDAK MENABRAK, SAYA MUNDUR, BAGAIMANA MOBIL MUBDUR BISA NABARAK, HANYA KESENGGOL SANGAT TIPIS , saat saya usap sedikit hilang jejaknya akhirnya ia katakana maaf pak saya kira rusak berat, makanya lihat dulu, kisah tabrakan ini lebih seru bila di Sumatera Barat, waktu saya betugas di sanna , saya lihat catan Polis, LEGO KAMBING , kapan kambing berlaga, ternyata maksudnya tabrak depan dengan depan, kemudian JATUH KUDA, kapan kuda Jatuh?? Ternyata Maksudnya Kendaraan Jatuh sendiri tanpa ditabrak,jadi seperti kudah keleahan.

Mama den(saya) iko(ini) bahaso Cino Padang sangat kentara, sehingga kami semua sering keliru juga kalau berbicara, misalnya ,umumnya kaum pria yang amsih muda kurang rapi menyusun pakaiannya di lemari, maa aberta KALAU SUSUN BAJU JANGAN CENTANG PERENAGAN, JANGAN DIPURUKPURUK , maksud kalau susun baju harus rapi jangan ditumpuk sembarang.

Kemudian lagi makan, ia lihat makan saya sangat banyak, ONDE MAKAN SEOYA_OYA, maksudnya banyak dan banyak jenisnya, darimana itu bahasa saya juga tidka tahu.

Suatu waktu ayah dan ibu sya mau beli telur ia dengfa ditepi Bandar Gereja Padang ada orang jual telur, Ia Tanya pada pemilik rumah ENCEK<ENCEK JUAL TELOKNYA Lantas Encek Menjawab TELOK GUA NDAK DIJUA , masuknya Telur Pusakanya tidka dijual, sejak itu ibu marah-marah dan cerita pada saya, walaupun hal ini dibantah, karena suatu saat saya pernah pacaran sebelum ketemu isteri sekarang anak ncek yang tak Mau Jual Telur(PUSAKANYA), sehingga saya takut perkenalkannya dengan MAMA, sampai b8bnggan kami putus karena calobn mertua marah katanya MENGA DUDUK EBAPANDANG-PANDN SAJA,KALAU MAU LAMAR SEHINGGA IA MENERIMA LAMARAN EKS PACARNYA SEBELUMNYA, ini karena hal tersebut dan belum pernah saya ceritakan kepadanya, semoga ia baca ini, karena Ia kemudian bercerai dan kawin dengan Orag Jepang dan sekarang entah dimana, saat Els saya datang ke PRaktek, Mama bila EE RENCAK BANA NONA ITU, memang ia Cantik, saya katakana dulu mama marah pada Papanya, Mama jawa Indak betul itu, ndak tahulah mungkin saya alah dengar,

Kalau saya banyak cerita , selalu dikatakan oleh keluarga , bicara sperlunya sja, NATI ADA YANG TERSINGGUNG, terseringgung atau keserempet atau kedorong sehingga umunya mereka icara seperlunya, mereka memang banyak punya rahasia, kalau saya bicara apa adanya aja.

Srepereti saya katakana Lu dan Gua, EE LU LA KAWIN, apa kamu siudah menikah, Jawanya Menikah BELEM, Kawin ???? saya sudah jodohkan keluarga agar cepat berkeluarga agar anaknya tidak sensara nant karena waktu perlu iaya banayk NTIA (papa)nya LA GAEK(sudah TUa0, NTI adalah pangilan ayah say kepad aorang tua saya.

Mama cerita tentang kisah perselingkuhan tempo dulu katanya, EE LUU TAUNDAK< JAAN DIBUEK SEPERTI ITU DENGA YA(Kamu tahu tidak , jangan dibuat seperti itu ,dengar ya).

ADO Taci DIPONDOK ANAKNYO HITAM SEPEWRTI KALING (ada Ibu di area kampong Cina ,pondok namanya, anaknya berkulit hitam ,mungkin anak tentara HItam ,maksudnya gurkha, terntara ekutu, NYa\ya panjek atop< pigi kerumah sabala< main jo urang kaling, ANDA PAST TAHU ARTINYA, BILA TIDAK NATI SAYA BERITAHU, RUPANYA SEJAK DULU SUDAH ADA KARENA SAAT INI BNAYAK orang cina YANG BENTUKNYA SPERTI Belanda INDO(EURASI) campuran,itu sejarah tempo dulu.

Kalu bayi tak mau minum dinyanikan seperti ini,NINA BOBOK KUMAYAN RUKU_BUKU< BILO ADEK PANDAI BATAPUK DIAGI AI SUSU, ini hampr sama dengan bagian Indonesia lain. Yang lebih hebat adalah lagu TAK TONTONG GALAIMAI JAGUNG, TAGUNDA-GUNDA KACAMBUNG BASIK TAK UNTUNG BALAKI ANJUNG BALAKI TUKANG PADATI (tak Tong Tong maksud nya bunyi gendang terus menerus, gelamai sejenis makanan Payakumbuh seperti dodol dari jagung, Kemenyan ,ruku-ruku sejenis tumbuhan, diharap bersuami pangkat tinggi (seperrti anjungan rumah) tetapi bersuami Tukang Pedati.

Suatu malah Lampu mati, ONDE MANGA LAPUKO <BAA BISA TAKALOK, ati mengapa Lampu padang nanti tidak bisa tidur.

Satu lagi kalau orang ngantung ia pasti TERKUOK, rtinya mulut dibuak lebar-lear, habis TACIRIK lalu CEBOK, samba dengan istilah betawi, apa itu ceok cari sendiri, kurang etis dijelaskan,.

Waktu makan, MANAO CUCK GII(tusuk Gigi), GIGI AMBO TASALEK DAGING, artinya mana tusuk gigi disela gigiaya ada daging, sekarang ini cari saja disini APA BEDA WANITA DAN LELAKI jawabnay dalam bahas CINA PADANG, WANITA ATAU PADUSI ADO NAN TAKSALEK DIAT, DAN LELAKI ADO NAN TASALEK DIDIBAWAH.

Klaau salah makan,dan tyersendak, MAMA BERTERIA ONDE MANDE TECEKE GUA ??!! kapan sih ia dicekik.

YANG PALING DIBENCI DIPADANG DAN OLEH CINA PADANG KALAI DIKATAKAN JAAN MANGANGKAKNG ,,KARENA NANTI ???? NAMPAK….JAWAB SEORANG MINAG KEBUN TEMBAKAU. Sedikit ngoyann jangan marah ya.

Lalu jika tertawa terbaka- mama kata, KALO LU GALAK TUTUP MULUT, GALAK??? Disini maksudbnya Tertawa terbahak-bahak, Tutup MUlut, bagaimananya mau tertawa terbahak=bahak kalau mlut ditutup, maksudnya jangan tetawa terpinga pinggal.

Kalau dulu waktu masih di SD, umuny anak-anak nakal-nakl, tenate sebelah rumah, disebut ENCIM SEBELAH marah dengan anaknya, ditelanjnagi didepan rumah ,ia kemudi berteriak HE LU LIKE INI ANAK MANTIKO BANA,(maksud kamu lihat anak ini nakal benar), ternyata anak tersbeut tak jera,malah saya lhat mereka maik ada jauh PIPIS (buang Air Kecil) ternyata keduanya sukses satu tinggal dirumah kawasan mewah dan satu di Jerman.

Suatu waktu, seorang Encek marah anaknya suka berkelahi, ia bawa kedua anak itu di lapangan kecil didepan rumah saya, ia katakana HE LU BAGAK COBA GUA MAU LIKE< LAGOLA arti hei kami berani coba saya lihat kamu berkelah disini, anaknya diadu jotos.

Ternyata seorang teman saya pernah marah pada aya ,mau berkelahi dengan saya, inilah satu-satunya saya perah berkelahi sungguhan, saya KATAKANHE LU KALO LU BRANI KITO LAGO DIMUKARUMAH??? Kapan rumah punya muka, maksudnya mari kita berkelagi didepan rumah, dai gemuk dinamakan SIBUYEK(sibuklat), badannya kecil dari saya, begitu berhadapan langsung hidungnya saya pecet sehingatak bisa bernafat, ia berteriak AMPUN ALA TU GUA KALA, masuknya apamnu sudah saya mengaku kalah, ia memeng nakal kemudian eninggal tabrakan, begitu juga keluarga yang tabrakan masih hidup dan mereka jadi Pastor(Romo) takut nanti dihukum karena kelakuannya dalam kelas, masakan mereka makan Martabak Bangka,sehingga asapnay terbau, begitu juga ad yang jabut ubi tanaman halman Pastor, ditanam lagi pada layu semua,ternyata kemudian jadi pedagang sukses.

Masih banyk lagi cerita dan bahasa cina Padang, nanti kta sambung lagi, ila sempat bertemu secara langsung/ ada tambahan waktu teman aya yang nYyang mukanya merah karean sering main tenis dlmama berkata EE LU TAU NDAK DIYANCE MERAH DIPPANTAK LABA, saya pikir pantatnya digigit lebah-lebah,ternyata ia benar-benar digigitjadi pantak artinya digigit, baru seumur hidup satu kali saya liat orang digigit lbah kecil seluruh tubuhnya sambbengkak dan dicanut ujung bekas ggitan satu persatu dan isterinya yang sedang hamil smpai keguguran. OH Yan dimana Dikau kini sudah lamo nak basuo BAUO DIKANDANG KUDO AGII ROOK CIEK, begitulah orang minang bila sudah lama tak jumpa berbeda dengan orang surabay, EEE tAK KETEMU, kimak mASIH hIDUP lU.

selesai

 

 

KESIMPULAN DAN PENUTUP

Telah saya paparka secara singkat JOKE JOKEBahasa CINA Padang, memang kisah masa remaja sangat Indah buat dikenang, sperti lalu SEMUT SEMUT MERAH SEDANG APA ADA DISANA , mengapa ditanya pada semut, rupanya semut jadi saksi pengarang lagu berpacaran dibawah pohon sampa dih=git semut, terakhir cerita penutup teman saya di KOYAN namanya tinggal di Manga Besar, yang sampa saatii bisa (dapat) Gua Tau (saya Tahu Dimaa) Ia pernah Bilang WANITA TAK BAGUS DIBAWH RATO SAJO DIATEH ADA BUKIK SEKETEK< LIKE AMBO LELAKI ADA PISTOL MARIAM JO PELURU, rupanya ia lihat pertunjukan yang dilarang saat iikarena dicap porno, saat ia mau kawin IA BERDARMWISATO KE UKIT SITI NURBAYA, TIDAK TAHU APA YANG IA BUAT DENGAN PACARNYA, RUPANAY IA TIDAK DISERANG SEMUT,TETAPI DISERAH LEBAH SAMPAI HAMPIR PINGSAN DAN MASUK RUMAH SAKIT’

Maaf keluaganya ini hanyalah guyonan semata

Demiianlah sedikit Kisah Masa Ramaja Yang Indah dan bahasa CINA PADANG yang perlu dilestarikan

Hal Cipta@2015

Sebelum anda selesai membaca artikel yang singkat dn mungkin masih kurang menarik sehingga hanya tersenyum saja, maka saya tambahkan beberapa istilah Cina Padang, yang pernah saya dengar seperti ketika ada orang menipu Ibu saya, ia katakana NYA KICU GUa9 Ia Tipu saya), dan Ia selalu mengatakan menginggatkan anaknya ,kami yabg empat orang bersaudara, SI BOEN (sepupu ibi) Di Penang SANTIANG BANA(pintar benar) sekola diluar negeri , satu Di Ingrris,ahl bahasa Ingris, Satu Kepala Polisi Penang, dn satu lagi Sekolah ke Asutralia sehingga Kaka saya yang lelaki(dokter) begitu terobsesi sehingga setelah anaknya tamat sekolah di Parahiangan Bandaung dan ITB Bandung, krim sekolah ke Singapura satu di Nanyang Univertity dan satu di National University Singapura, tamat lalu satu pindah ke Amerika ,jadi Warna Negara disana dan satu lagi ketemu jodoh s Singpura Orang Cina asal surrabaya yang sudah imigran ke Australia dan saat ini sudah jadi warga Negara dan Pindah ke Australia sehingga Ayahnya , kata CINA PADANG PULANG POKOK areti kembali keasalnya tinggal berdua lagi, tentu betapa mereka sibuk dan keluarkan banyak biaya karena untuk lihat anak di USA dan Australia tak sedikit keluar biya sehingga sampai umur 75 tahun masih kerja terus,syukur ia sehat-sehat saja. Yang kaka wanita juga begitu pindah ke USA dan mereka semua sudah senang di San Diego USA. Saya sendiri punya prinsip lain, Saya Bangga Jadi Orang Indonesia, malah saya jadi Kepala Polisi <Kepla Kesehatan Polisi di Kalimantan Barat, dan anak-anak saya, juga SANTIANG jadi sarjana tehnik semua,

Marilah kita berdoa agar kita zsemua tetap sehat, Indonesia tetap sehat ,walaupun TV Berita Satu Katakan Ekonomi Indonesia Demam Tinggi, saya tak setuju, Orang Indonesia SANTANG-SANTIANG, CADIEK(CerdiK) PANDAI(Pintar) INDONESIA AKAN TETAP JAYA ,PERKASA KARENA SUDAH DIHANTAM OMBAK SERIBU KALIPUN TAK HANCUR, DIGONCANG BADAI,TSUNAMI,GEMPA HEBAT TETAP KUEK(kuat),INDONESIA IBARAT BUAH nda hampo 9TIDK KOSONG) , TETAP PADEK(padat,penuh berisi) BONE(sulit terjemahkannya,artiya anda mungkin tahu), KAYO(kaya), APA SAJO NAN DIPANCANG HIDUIK (Apa saja yang ditancapkan hidup, artinya apa saya kayu ditanamkan di tanah pasti hidup tentunya pohon yang masih baru diyebang bukan kayu kering yang sudah mati, INDONESIA TAK AKAN HANCUR,INDONESIA PASTI BERJAYA KATE URANG MALAYSIA, MALAYSIA SEKARANG MULAI KETETER, MULAI DARI PESAWAT mas HILANG, Air Asia jatuh, sekarang kuursnya turun 30 % pabrik kebangaan merke Proton Saga mulai mau hancur, sampai 30 % pegawainya dihentikan, Mereka terlau sombong, sperti teman saya di Penang Ia sombong mentang-mentang anak orang kaya, buat museum di Rumah Pusaka, tapi tak ada isinya ,ajak saya kerja sama, ternyata mau gratis saja, sebagai sumbangan, katanya profitny cultural profit, masa sepeti itu untungsayabatalkan koleksi itu sekarang sudah ada dimusuem dirumah yang say beli dengan uang jerih payah , uang dari keringat saya sendiri. , saat saya di Kuala Lumpur supir taksi marah-marah sama pemerinrtah katanya Korupsi banyak, tak lebih kurang sama dengan Negeri Kita Yang kita cintai bersama ini, makanya kita berdoa HAI PARA KKORUPTOR BERHENTILAH KORUPSI, TOBAT,MINTA AMPUN SEBAB YANG MAHAKUASA AKAN MENGHUKUMMU DIDUNIA INI BUKA HANYA NNTI DI NERAKA YANG KITA SMA SEKLAI TAK TAHU, SPERTI YANG SAYA LIHAT SENDIRI BERAPA BANYAK ORANG YANG LUMPUL BERBARIS DIDORONG KE LOURDES MINTYA AMPU AGAR BISA SEMBUH, tak ada gunanya nansisudha jadi bubur, terim alah hukuman itu denagnsabar agar nanti tenang dimas akhir hidup.

AMIN…AMIN..!!!!!????

Kali inibenar-benar selesai

Selamat berjuang menghadapi badai krisis moneter

 

 

Hal Cipta@2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s