PARODI GOYONAN CINA PADANG 3

PARODI GUYONAN ALA CINA PADANG

BAGIAN KE TIGA

OLEH

DR Iwan Suwandy,MHA

Ret.Police Senior Superinteandant

CONSULTAN INFORMATION

P4ndahuluan

Menkes RI pertama koleksi Dr Iwan

BARU SYA SADAR TEHNIKA SAYA MENULIS SUDAH ADA SEJAK DULU, NAMANYA parody, ATAU CERITA YANG DITULIS MENGALIR BEGITU SAJA, DAN INI MENGINGGATKAN SAYA SAAT BERTUGAS PRAKTEK KEDOKTERAAN AKHIR YANG DISEBUT COOSCHAP DI RUMAH SAKIT RSCM,

Saya sangat bnagga siapa sanagka ke Jakareta Lagi sekitar tahun awal 1970 dan saat itu saya masih belum kawin, seperti kata teman saya Herry H. BELUM KETEMU JOODH , saat itu saya sudah berusia 25 tahun saya sudah sangat cemas kata orang cina Padang ALUN(belum) BASUO PADUSI(wanita) ini seperti bahasa minangkabau, memang cina padang banyak emakai istilah Minangkabau tetapi slanknya agak berbeda cuga ucapannya, BUKAN KETEMU JODOH ,ALA (SUDAH) JADI BUKAN Allah Nanti Yang Mhakuasa Marah, maaf Ya yang mahakuasa. Indak sadikit nan basuo dan sudah mulai ada tanda-tanda hubunggan mendekat,saya segera merjarangkan pertemuan dan kemudian menyatakan orang tua tidak setuju, dengan berbagai alas an seperti INDAK SAMO AGAMA,MAK BELANTUNG(MAK POPOK) TIDAK SETUJU KARENA CALON MINTUO SUDAH BACARAI DAN SEKOLAHNYA HANYA SAMPAI SAMA,

 

TETAPI YANG SEBENARNYA waktu saya dengan ayah,dan paman saya yang kaya raya datang bertamu ke rumahnya di Jkarta, kita tidak diterima,katanya sedang ada tamu, rupaya lagi asyik tukar menukar atau diskusi soal Prangko, mememang kemudian saat saya sudah kawin, dan MANTAN juga sudah, ia mengajukan koleksinay untuk dibeli saya ngat betul tujuh ratus ribu rupiah, saying saya tidak Tanya koleksi apa saja, terjata Jerman,Malaysia,Singapore dan Australia , saya hanya beli prangko Jajahan Inggris yang nominalnya tinggi, karena saya lihat dikatalogus harganya tinggi, kemudian saya baru tahu menyesalnya setngah mati, kalau soal isteri saya rasa saya tidak salah pilih, sperti PILIH-PILIH KOLEKSI, KALI INI TEPAT BENAR,walaupun mulanya hanya berdasaran sifat ayah da ibunya yang snagat aik dan ramah, kemudian ibu saya kata inya nan paling pintar,INI INFO DARI Ibu Mertua saya saat cucunya kawin di Bandung, memang benar saya biayakan Ia sekloha di Akademi Rekam Media, kemudian ia kerja di RS sehingga bisa biayakan dirinya sendiri untuk melanjutkan ke S1 SKM kemudian sampai S2 MM, dan smapai saat ini masih kerja sebagai Konsultan dan Kepla sekolah ditempat dimana ia sekolah dulu.sehingga say adapt pension lebih awal mulai berumur 56 tahun say pension di POLRI,kemudian mengajar di tempat isteri say sekolah sampai usia 65 tahun, kemudian Ibu say jatuh, pergelangan Tungkai atas patah,dan dioperasi di RS POLRI oleh Dokter POLRI, saya yang selalu bersama mama,dan hanya saat setelah Ayah meninggal,pindah ke Jkarta, ikut adik saya, rupanya ia kesal dengan mama karena tiap malam bunyikan bel minta makan, memang benar waktu saya kemudian karena kasihan melihatnya seklama tiga tahun saya rawat Almarhum dengan tangan saya sendiri karena pembantu hanya senang-senang saj ,hasut mama saya untuk beli macam-macam,sedangkan sisanya Ia yang makan sehingga jadi gemuk malah pernah ketemu saya tidur diatas tempat tidur bersama ibu saya, saya kemudian memberhentikannya karena suka tidak hadir setiap sabtu minggu dan malam hari tak mau menjaga mama, gajinya sangat tinggi saat itu, kalau ukuran saat ini baru seperti itu, saya ajar mama olah raga, kemudian mulai gerakan tangan,kaki sambil tidur sehingga sya sendiri sudah menciptakan senam sambil TAGOLEK (BERBARING) DITEMPAT TIDUR,SELALU DENGA HITUNGAN DELAPAN, SAY HERAN MENGAPA DELAPAN MUNGKIN ANGKA DELAPAN ANGKA BEREZEKI, CONTOHNYA PRANGKO MONYET WARNA MERAH DENGAN NOMILA 8 WALAUPUN DICETAK JUTAAN BUAH, TERNAYTA TERLALU BNAYAK DI PAKAI UNTUK MEMPEROLEH REZEKI,DIKIRIM LIWAT KARTU POS, SAYANG BANYAK KARTU POS INI SUDAH MUSNAH,SEHINGGA YNAG mint (BELUM DIPAKAI) DAN DIATAS SAMPUL YANG DENGAN STEMPEL pos jadi mahal, meroket, seperti para kolektor harus tahu, prangko Langka akan meroket hareganya, sedangkan yang biasa hanya jalan ditempat atau mendaki sedikit sedikit atau MERANGKAK, naik sampai GAK MAHA SEKETEK 9mahal seketek), INFO INI GRATIS BUAT KOLEKTOR PRANGKO.

UNTUK INFO SELENGKAPNYA SILAHKAN menghuunggi email iwansuwandy@gmail.COM

ADRVERTIZING SUPPORT BY

AD GOOGLE AND WORDPRESS.COM

ALSO

APEXAUCTION.COM

AMIZING,UNIQUE AND HIGH TECHNOLOGY,CHEAPEST PRICE IN THE WORLD

Untuk memperoleh Info lebih lanjuttentang koleksi anda,bisa menghubnggi saya, caranya mudah kirim ke email ,upload KTP, alamat lengkap dengan no tilpon serta biaya ,CINCAI CINCAI SAJA, TERSERAH ANDA ASAL SESUAI DENGAN TARIF KOSNULTAN SEORANG DOKTER AHLI, cara mengirim DONASI (BANTUAN) UNTUK MENGEMBANGKAN MUSEUM KELUARGA KITA WANLI DI JAKRTA yang sudah say buku karena isinya tambah lama tambah banyak sampai penuh seluruh rumah dan satu apartement saya, dan mungkin jika tahun ini tak ada yang mau kontrak maklum situasi ekonomi serti saat ini,semua jadi mahal, akan saya susun lagi sebagian koleksi yang paling saya senangi disana dan ada ACnya, nanti anda past suatu waktu akan melihatnya.

Nah mari anda semua melihat tampilan PARODI GUYONANAN ALA CINA PADANG 3

Jkarta September 2015

DR Iwan Suwandy<MHA

Consultan Informasi

PARODI GUYONAN ALA CINA PADANG

BAGIAN KE TIGA

ONDEH MANDE,GUA INGEK INDAK SADONYO(semuanya) NAMO NTJEK(PAMAN SAY) YANG SAYA SEBUTKAN nanti anak-anaknya akan protes, NTJEK KE EMPAT dipanggil Sientjek, namanya Gho Ie Tjoe,artinya dua Tjoe ,apa artinya saya tidak tahu,mari cari di translate google kalau saya tidak ingat dulu itu julukan untuk Babi,maaf bila salah

 

Ternyata google juga tidak tahu, menurut ingatan saya Tjoe banyak dipakai nama wanita,seperti Tjoe sepeupu isteri saya, Sientjek badanya kekar ,tak begitu tinggi, hobinya main tennis sepertisaya,kami partner dalam perhimpuna MARS,ini nama usulan say karena belajar Geography saat itu bidang Ilmu Falak,sas ini tak tahu saya apa namanya. Ia sengng mengangkat peti mati, INI SNAGTA BERBAHAYA, KARENA PETINAY KEBANYAKAN DARI KAYU MAHONI,BERATNYA SANGAT LUAR BIASA, sehingga pernah ada yang meninggal sat mengotong peti,saya percah coba,walaupun saat itu dipikul 20 orang, tetapi saat mau masuk kuburan,apalagi yang Kuburan Cian di Gunung Padang,tinggi eklai,sehingga dibaut tangga,sehingga saya tak mampu lagi kesna,dan ada yang meninggal,tetapi Sientjek tetap segar bugar,wajahnya mirip MAK BELANTUNG dan anak-anaknya cantik-cantik dan gagagah, dan salah satu mantunya kawan saya namanya GOAN ,The Tak oan almarhum, kemudian sya inggat bapaknya pemilik seagian tanah kuburan CINA PADANG, tentang bagaimana kisah dia tak bisa saya ceritakan karena ini hanya iasu-iasu nagatif,KARENA DIPADANG BANYAK HASUTAN AGAR TAK JADI PERKAWINANG,KATA ORANG CINA PADANG DIGOSOSOK (anehkan yang digosokkan batu,kemudian saya ingat dulu untuk mengidupkan apai harus digok sembilu babu atau batus dan sebagainya,lalu hidup api dan membakar) JADI DIGOSOK AGAR JADI PANAS ,DAN PUTUSLAH HUBUNGGAN SANG DUA SEJOLI YANG JATUH CITA,MA TEWASLA(HABISLAH) HUBUNGAN TERSEBUT YANG MEGOSOK BERTEPUK TANGAN LALU AMBIL SENDIRI WAKITA ITU JADI MANTUNYA KARENA CANTIK TAPI MELANCHOLI DAN ANEH SIFATNYA,TERNAYTA DIA KETEMU YANG SAMA ANEH,DAN SYUKUR KARENA IA MENINGGAL DUNIA DIUSIA RELATIF MUDA SEKITAR 59 TAHUN,SIAPA PACARNYA, TANYA SYA,NANTI ADA YAN MERASA TERSINGGUNG, KARENA KURANG PUAS DIEJEK, SAAT INI BARU SAY TAHU,SAAT BETANYO KA CUCU, BARA(BERAPA, BUKAN BARA ARANG API) POTONG(BAGIAN) BADANLU, BISA DIJAWEK(JAWAB),LALU SAYA BATANYO,UNTUK APO,MULAI BINGGUNG, SEPERTI INI APO, SAYA TUNJUK LUTUT, IA BINGUNG KEMUDIAN SAYA KATAKAN KAO LU PAI(PERGI 0 KEGAREJA MGA(MENGAPA) ,BALUTUIK9BERLUTUT0,JADI MEMAKAI,LUTUIK(LUTU), KEMUDIAN MAU DITANYA,TERNAYATA A MENANGIS, WALAUPUN SAAT ITU SUDAH BERUMUR 13 TAHUN,DAN KELAS ENAM, JUGA CUCU YANG SEKLAI TERKENAL PALNG PINTAR TIDKA TAHU, IA TAK NANGIS HANYA DUDUK TENANG SAJA, RUPANYA IA BELUM DIAJAR GURUNYA, SAYA HIMBAU PAK BASWEDAN PERBAIKILAH KURIKULUM SD KELAS ENAM DAN SMP KELAS I,BAGIAN IPA, MASAKAN LUTUT SAYA MEREKA TAK TAHU, KALAU TEMPURUNG LUTUT TAK TAHU TAK APALAH,SAAT USIA 13 TAHUN SAYA SUDAH JUARA PIMPONG SUMATERA TENGAH.karena itu say paling terkenalsangat berani menghadapi siapa saja,dn karena snagt ceria orangnya, suka GALAK-GALLK9tertawa terbahak-terbah sambil CARITO, atu certa kalau dulu dikatankan saya BANYAK KOYOKNYA ,setahu saya koyokan buah temple sakit kepala,mungkiini dari bahasa jepang, sangking terkenal jkalau lu tanyo urang awak cinopadang,sia tu si Goan juaro pimpong,pasti mereka tahu, karean mereka yang mengangkat saya diatas meja karena saya sikat hais juaro lain nan lamo mulai na tuo,smpai mudo,ado nan diagiah gala guru,Thio Tjoe Bang almarhum, DR SP anestesi PUrnomo, Si TOKONG (Siang Goan), mengapa TOKONG saya tak tahu, saat ia hampir kalah pelatihnya ,dikenal Ntjek Kap,ia teriak labu-lau, kemudian saya tahu dari sietri saya yang juga luar biasa di SMP juara dua Indonesia Pekan Oleh Raga Pelajar Di Indoensia,mmewakili SMP padang Panjang,kota kecil yang indah, katanyo inyo basuo anaknyo Sukarno,dan surat penhargaannya ditanda tangani menteri oleh raga Maladi,

Sekarang kita lanjutkan,karena saya selalu juaro,dan kareh kapalo(keras kepala) suka coba apa sajo,koleksi jaan dikatokan apo,sadonya9segalanya ada khusunya yang ada kaitannya denan sejarah0, sehingga diberi namo BAGINDO 9baginda mungkin namanya ini singkatan BG-Bian Goan,begitu nama say seperti teman saya Jamalus sebut si GO-AN,untuk tidak seperti BG,anda pati tahu namanya dalam bahasa inggris GAY, saya JANTAN SAJATI-JAGO SGALO-GALONYA, INDA PATJAYO,MAR KITO CUBO PIBU(ADU KEUATAN)SEMUA OLEH RAGA SAYA KUASAI KECUALI YANG BERHADAPAN LANGSUNG DENGAN LAWAN KARENA SAY TIDKA SUKA BERTENGKAR ATAU BERKELAHI,KECUALI SEKLAI SUDAH SAYA CERITAKAN,SAYA PICIK(PEJET) IDUANG SI Buyek(Bulat) samppe sasakangoknya(sesak napasnya0 dan lari pulang menanggi,inyo nanal bana,naik speda motr,tabrakan sampai almarhum,dan kakak dan sepupunay jadi PASTOR,SALAH SATAU BERNAMA PASTOR Bin Giepernah bertugas di TIMOR TIMUR, sangat nakal sampai tinggal kelas di kelas tiga SMP Frater,(sudha saya ceritakan sebelumnya,silahkan baca). Ia dan kaan-kawan beli meratbak Bangka,sembunyikan dalam laci yang dulu laci meja dapek diangket –tutuik, sehingga IBU ROBOT(sikapnya seperti Robot) binggung bau apa itu.

Ntje saya lain GONJTJE, GHO IE TIONG ALMARHUM NAMANYA, bentuknya aak kurus suka maik tennis dan selalu jadi lawan saya,tapi mau jago juo,partnernya Apak Ilyas almarhum, ANAKNYA BANYAK SEKLAI,TERAKHIR BASUO SAAT ANAK DEN Kawin (peat perkawinan) di Jkata, kemudian beberapa tahun tak jumpa ,almarhum di Pajakumbuh,tempat ayah saya berasal.

Yang terkecil Gho Ie Tong(Tong ini Thung seperti Mao The Thung),ia aneh lagi dipanggil Ntje Baba(MUNGKIN BABA ITU PANGIL LELAKI CIA),JUGA OOM SUAMI ADIK SAYA JUAG DIPANGIL oom baba, INI oom ATAU Paman kerjanya membantng tulang,bbanti’ing tarigu buek roti,buek restoran, sampai almarhum karena tabaka pai katika hiduikan stromking(lampu) , jadi inagt orang Batak juga aneh kalau baru bali Lampu diberi nama stromking,baru beli Lemari dinamakan anakanya Lemari, atau saat Banjir dinama Banjir, amabo ngek kekatiko almarmu mama operasi di RS Elizabeth medan tahu 1974, saya bererita tagalak-galak soal namo-namo sapati itu.

Menginggat restaurant, dipadang diberi nama Rumah Makan, ado Rumah Makan, dankan Rumah makan PAGI-SORE, terkenal Ayam Goreng, say pernah disuruh antre beli ayam itu, sudah lebih satu jam tak dilayani, katanyo,ambo kan punyo tangan duo,rupany ia dulukan yang makan ditempat karena untungnya bnayak dari nasi dan minuman, dan sambil bungkus yang mau dibawa untuk pesnan, dan yang beli hanya ayam goring dia biarkan,sangking ramainya, ia sampai kalua karenget smapi melele-le,dan ai minumes the manis, banyak,ia kesal itukan bunga uang,lalu inya menjawek aden punyo minta, bila waang nak tahan menunggu pai katampek laen, sejak itu say tak mau kesitu,sat ini saya tak tahu masih ada atau tidak ruma makan itu, klao ala kanyak disabuik La Pa salro, sangkin lamanyo,jari dijilek skalian bia ndak ado yang tasiso,dan didepan rumah makan itu ada rumah makan Lape salero,ekarng sudah tiadak ada,didepannya ada apotik,katanya orang cina padang berdomisisli di Palembang pemilik Dexa Farma, nama apotiknay KINOL artiya saya tak tahu, disamping PAGi SORE ADA TOKO BUKU NAMA ATLAS, DDAN DISEBALH PRATEK DR LIM GIMTJIANG,MASIH ADA HUBUGGAN DENGAN YUSUF WANANDI(LIEM BIAN Koen) anak kapitan cina sawahlunto, bapak yususf wanandi namanya aneh haji balon (GEMUK SPERTI BALON) IBUnya bernamo kato 9mungkn ini nam ajepang).

Sekarang apo nan diciak9makan0 cno padang, patai,jariang, ikan , dendeng, ruja,es campur, kalau terkenal disebut es kampiun(juara-ISINYA SEGALANYA DICAMPUR,SEPERTI ES TELLERLAH) Lalu ada babotok,guli paku,gulai bamban(isinya belimbing,ikan,daun ubi prancis,tomat,bawang Bombay, kemudian dipanaskan diatas arang dan debu panas,sampai masak),juga dieri kecap manis dan bumbu lain ayah saya paling pitar memaska, waktu say beri pada saudara nenek saya Ntiokong Lie Tek Lengg Dan Nsaiepo PUTI,pemilik Toko Gho Leng, Bos Bapa saya pemilik Percetakan Sumatera Bode, say katanan Nsa ipo, gule ni mama yang masak, Nsa Ipo ,pasti bapaklu, saya jadi ingat alamrahum mengbawa hantara perkawinan saya,ke apdang Panjang, nanti akan saya ceritakan upacara perkawinan orang Cina Padang yang unik juga.

Ternya Almarhuhm papa Djohan Oetama, sangat pintar memasak, sehingga setiaap beli apa saja,ia pasti masukkan kuali dan diberi bumbu, pastas saja ibu say sangat keilah]nagn alamarhum,dan makannya bacincong9bayak milih) indak diagiih mamanggo,diam sampai ngamuk, indak amuuh makan sampe badanyo kuruih bana, ibo hati den bilo mainggeknya,setalh bosan like say kaerna saya disiplin makan dan semuanya harus teapt waktu begitu juag senamnya, almarhum suka bana minume scamper, aden juo, aden masih inget Es Aneka Rasa di Toko Sionay Kelaa Gading.

Ternatya isteri say juga pintar maak ekarang, dulu diajar Saudar Ngkong ,Mak PO juga nama, rahasia resep makanan disimpan rapat-rapat sehingga smua keluarganya yang amsih sekolah sering kesana karena ,Mkan Gratis, begitu juga mertua say sampai punya rumah makan Merapi di Padang Panjang,semuanya sudah tidak ada,dan sudah almarhum smua.

Isteri saya paling pntar masak patai goring,jariang tokok,STUP(sup Kentang campur macam-macam),semur lidah,sup buntut,sekarang gulai kacang Panjang,salad kaerna saya sudah bosan makan nasi,dan ini penting buat orangua karena dapat mencehag reaksi kelaian diabetes,sehingga sya jadi sehat,segar bugar,untung saya cept sadar, minta ampun ka Yang Mahakuasa atas segala keslahan dan kekhilafan maslallau, memang kalau anda belum kenal saya kelihatan Sombong, tetapi bilasudah kenal anda pasti akan dengan parody seperti ini

Karea anda sudah mulai bolan begitu juga dan perut tersa mulai lapar,jam makan jeruk sudah tiba,panehkan gulai ala tibo, nati jam dua baleh ciak lai,lau lalo,takalok,dingginpakai AC sambil berdoa, dan nyanyi ave maria ave maria ave maria ingek Lourdes, dan lantas bersorak Mission Acomplished Plush

JIA ANDA MASIH INGGIN PARODI LAIN DAN INFO GRATIS LAIN

SEGERA KIRIM EMAIL DAN DONASIKAN ALA KADARNAY SEPERTI YANG ANDA TEA;H BACA PERSYARATAN DIATAS, JIKA TAK ADO JUO AND KA PROTEKSI ATU PERSATU DAN AKHIRNYA BIAR WEB BLOG DITUTUP SAJA, BIA LU MAU LIK GUA PUNYO KOLEKSI HARUS DONASI SANGAT TINGI

MAKLUM NILAINYATAK DPAT DIKIRA DENGAN UANG,NILAINYA KATANYA TEMAN SYA CULTURAL BENEFIT

BENAR JUGA

HAMPIR SYA JUAL TAPI TAK JADI

SELANJUTNYA PARODI CINA PADANG KUMPUL PRANGKO

HABIS

HAK CIPTA #dR Iwan 2015

Sesudah 2065 mau dikopi silahkan kalau sekakar indak amuih, nanti waa disambar petir.

 

Leave a Reply

